Breaking News:

Mantan Menteri Kehutanan : Kebun Raya Bogor Sangat Terbuka Jadi Lokasi Wisata Konservasi

Kebun Raya Bogor sebagai tempat konservasi yang menjalankan lima tugas dan fungsi (tusi) terus berupaya agar semua berjalan secara proposional.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
MS Kaban menyampaikan pendangannya, bahwa Kebun Raya Bogor berpotensi jadi lokasi wisata konservasi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Kebun Raya Bogor sebagai tempat konservasi yang menjalankan lima tugas dan fungsi (tusi) terus berupaya agar semua berjalan secara proposional.

Saat ini Kebun Raya Bogor melalui mitra pengelola sedang melakukan inovasi dan peningkatan fasilitas riset konservasi dan edukasi.

Upaya itu yang juga menjadi perhatian publik yang memberikan banyak pandangan.

Melihat dinamika masyarakat tentang Kebun Raya Bogor Mantan Menteri Kehutanan MS Kaban menyampaikan pandangannya saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

MS Kaban mengatakan bahwa sesuai perkembangan situasi saat ini pastilah ada perubahan-perubahan.

Namun kata MS Kaban secara prinsip Ia mengingatkan bahwa Kebun Raya Bogor ini merupakan kawasan konservasi yang sifatnya ex situ.

"Ini yang saya kira teman-teman peneliti itu bisa memahami bahwa ini adalah kawasan konservasi yang sifatnya eksitu dia didatangkan dari luar kemudian dicoba disini, nah jadi ada satu ekosistem yang sudah jadi kebun raya dia sudah jadi dikenal dunia mau tidak mau dia akan dikunjungi sehingga peluang untuk menjadi kawasan wisata sangat terbuka jadi kawasan wisata konservasi," katanya.

Seperti diketahui konservasi eksitu berbeda dengan konservasi insitu.

Baca juga: Jaga Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya Bogor Operasikan Mobil Bertenaga Listrik

Konservasi ex situ adalah konservasi yang melindungi spesies tumbuhan ataupun hewan langka yang terancam punah dengan mengambil dari habitat yang tidak aman dengan menempatkannya ke tempat perlindungan manusia, caranya yaitu dengan mendirikannya kebun binatang, kebun raya, dan taman safari.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved