Breaking News:

Peneliti Temukan Virus Mirip Penyebab Covid-19 dari Kelelawar di Laos, Dapat Menginfeksi Manusia

Jenis virus ini sangat mirip dengan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sehingga mereka yakin dapat menginfeksi manusia.

Editor: Tsaniyah Faidah
Pixabay
Ilustrasi - peneliti temukan virus baru mirip corona dari kelelawar di laos 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ada banyak teori tentang asal usul virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan Covid-19, tetapi belum ada yang terbukti.

Para peneliti kini telah menemukan pada kelelawar yang tinggal di gua-gua di Laos, jenis virus yang sangat mirip dengan SARS-CoV-2 sehingga mereka yakin dapat menginfeksi manusia.

Penemuan ini dapat membuktikan asal mula alami dari pandemi Covid-19 dan bahwa penularan virus langsung dari kelelawar ke manusia adalah kemungkinan penyebab pandemi.

Sejak virus corona penyebab Covid-19 pertama kali terdeteksi di Wuhan, China pada Desember 2019, banyak ahli berusaha mengungkap asal-usulnya.

Banyak yang menganggap bahwa pandemi tersebut berasal dari China, dengan asumsi ketika virus itu pertama kali terdeteksi di sana, kemungkinan virus Covid-19 dimulai di tempat tersebut.

Namun baru-baru ini tim peneliti menemukan bahwa, terdapat kemiripan antara SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19 pada sampel yang diambil dari kelelawar di Laos. 

Baca juga: Studi Terbaru Tentang Vaksin Covid-19 Pfizer, Bisa Mencegah Parahnya Gejala Selama 6 Bulan

Mirip dengan virus penyebab Covid-19

Dalam sebuah makalah yang dikirimkan ke Nature, para peneliti dari Institut Pasteur di Paris, Perancis, dan Laos, telah melaporkan menemukan virus dengan domain pengikatan reseptor yang sangat mirip dengan yang ditemukan pada SARS-CoV-2 pada kelelawar gua di Laos Utara.

Para peneliti mengambil sampel darah, air liur, feses dubur, dan urin dari 645 kelelawar dari 46 spesies berbeda yang ditemukan di gua-gua batu kapur di Laos Utara, yang dekat dengan perbatasan China Barat Daya.

Para ahli menemukan tiga jenis virus terpisah dalam tiga spesies kelelawar Rhinolophus yang berbeda, umumnya dikenal sebagai kelelawar tapal kuda.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved