Breaking News:

Bersaing, Ganjar dan Anies Berpotensi Dapat Suara Terbanyak Pertama dan Kedua Jika Maju Pilpres 2024

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berpotensi mendapat suara terbanyak pertama dan kedua bila keduanya maju menjadi calon presiden 2024.

Editor: Tsaniyah Faidah
Kompas TV
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpotensi mendapat suara terbanyak 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Survei nasional Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) kembali menyampaikan hasil survei opini publik terbaru.

Dalam survei yang dirilis pada Kamis (7/10/2021) secara daring itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpotensi mendapat suara terbanyak pertama dan kedua bila keduanya maju menjadi calon presiden 2024.

Dalam presentasinya, Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan banyak faktor yang menentukan pemilih dalam hal ini responden memilih seorang calon presiden (capres).

Secara psikologis, pengetahuan tentang calon presiden adalah syarat dasar bagaimana pemilih memilih.

"Pemilih memilih calon A bisa karena hanya tahu A, tidak tahu calon yang lain. Bila pemilih tahu semua calon yang bersaing maka yang menentukan bukan lagi ‘tahu’ tapi faktor lain, termasuk ‘suka’ pada calon," kata Deni saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut, kata Deni, dalam kondisi saat ini tingkat pengetahuan publik pada nama-nama tokoh calon presiden belum merata.

“Pada hari H nanti, pemilih akan tahu calon-calon yang maju karena jumlah calon sedikit dan biasanya sama-sama mampu melakukan sosialisasi secara masif. Tidak akan ada perbedaan tingkat tahu calon bagi seorang pemilih,” ucap Deni.

Baca juga: Pilpres Masih 3 Tahun Lagi, Ridwan Kamil Ancang-ancang Maju Jadi Capres : Tidak Boleh Ditolak !

Dalam survei ini, Deni mengatakan kalau pihaknya menemukan apabila responden 'tahu' nama enam calon Presiden.

Mereka yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dimana hasilnya menunjukkan Ganjar konsisten unggul dari calon lain di semua simulasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved