Breaking News:

Info Kesehatan

Pfizer akan Jadi Vaksin Covid-19 Pertama untuk Anak-anak, Aman untuk Usia 5 Hingga 11 Tahun

Pfizer telah merilis vaksin mRNA yang mereka kembangkan aman digunakan untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 13 tahun.

Editor: Tsaniyah Faidah
Tuturma.ma
Vaksin pfizer untuk anak-anak usia 5 sampai 12 tahun 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Setelah menunjukkan hasil uji klinis vaksin Covid-19 berbasis mRNA untuk anak usia 5 hingga 11 tahun terbukti aman dan efektif, Pfizer dan BioNTech mulai mengajukan izin penggunaan darurat vaksin tersebut.

Pfizer mengatakan bahwa mereka sedang mencari otorisasi penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk vaksin Covid-19 mereka.

Dilansir dari CNN, Senin (11/10/2021), vaksin Pfizer akan menjadi vaksin Covid-19 pertama untuk anak-anak.

Sebelumnya, vaksin Pfizer dan BioNTech telah disetujui untuk digunakan pada orang berusia 16 tahun ke atas dan anak remaja usia 12 tahun hingga 15 tahun.

Bulan lalu, Pfizer telah merilis rincian hasiluji coba fase 2/3 yang menunjukkan vaksin mRNA yang mereka kembangkan aman digunakan untuk anak-anak usia 5 tahun hingga 11 tahun.

Bahkan, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa vaksin Pfizer ini dapat menghasilkan respons antibodi yang kuat pada kelompok anak tersebut. Berdasarkan data tersebut, Pfizer mulai anjukan izin penggunaan darurat vaksin untuk anak ini.

Uji coba vaksin Pfizer ini melibatkan 2.268 peserta berusia 5 hingga 11 tahun dan menggunakan dua dosis rejimen vaksin yang diberikan 21 hari terpisah.

Pada percobaan ini menggunakan dosis vaksin sebanyak 10 mikrogram, lebih kecil dari dosis 30 mikrogram yang telah digunakan untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Baca juga: 2 Hal yang Harus Dilakukan Penyintas Covid-19 Sebelum Divaksin, Ini Penjelasan WHO

Para peneliti kemudian melakukan pengukuran respons imun peserta dengan melihat tingkat antibodi penetralisir dalam darah mereka.

Selanjutnya, mereka membandingkan tingkat respons kekebalan tubuh pada kelompok usia tersebut dengan kelompok kontrol berusia 16 hingga 25 tahun yang diberikan rejimen dua dosis vaksin Pfizer sebanyak 30 mikrogram yang lebih besar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved