Breaking News:

IPB University

Diskusi Pentingnya Pengujian Mutu Jamu, Pakar IPB University Sebut Dapat Tingkatkan Nilai Jual

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berperan penting dalam memberikan perlindungan konsumen agar kualitas dan standar jamu sesuai dengan peraturan

IPB University
Profesor Irmanida Batubara, Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) IPB University 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Profesor Irmanida Batubara, Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) IPB University mengatakan riset tentang peningkatan mutu jamu dinilai dapat menaikkan nilai jualnya.

Ia juga mengatakan, masyarakat Indonesia berharap, dengan mengonsumsi jamu dapat menaikkan kesehatan serta taraf hidupnya.

Namun demikian, katanya, jamu yang beredar di pasaran harus sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat memenuhi harapan konsumen.

Oleh karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berperan penting dalam memberikan perlindungan konsumen agar kualitas dan standar jamu sesuai dengan peraturan yang ada.

Dengan demikian, kualitas jamu yang terstandar dapat meningkatkan daya saing mutu produk di pasar lokal maupun global.

“Sebenarnya kualitas atau mutu dapat menjaga dua pilar yaitu pilar keamanan dan khasiat. Dengan menjaga kualitas maka keamanan khasiatnya akan terjamin,” terang Prof Irmanida Batubara dalam webinar Pentingnya Pengujian Mutu Jamu untuk Keamanan dan Kesehatan yang digelar oleh TropBRC bekerja sama dengan GP Jamu dan Agrianita Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University.

Lebih lanjut Prof Irmanida menjelaskan, keamanan jamu akan terjamin apabila produknya bebas dari gangguan dan tidak mengandung risiko.

Sementara itu, aspek terpenting dalam khasiat adalah keamanan dan kadar bahan aktif serta terbebas dari logam berat dan cemaran mikroba.

Dosen IPB University itu juga menjelaskan kata kunci kualitas jamu terdapat pada standarisasi industri jamu.

Menurutnya, standarisasi jamu harus dari hulu sampai hilir.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved