Breaking News:

Info Kesehatan

Studi: Vaksin Kombinasi yang Berbeda Efektif Cegah Penularan Covid-19

Vaksin kombinasi selain efektif untuk mencegah Covid-19, juga mampu melebihi kinerja vaksin mRNA.

Editor: Tsaniyah Faidah
Istimewa/Pemkot Bogor
Ilustrasi - Vaksin kombinasi efektif tangani Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Vaksinasi Covid-19 adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Studi menunjukkan, vaksin kombinasi yang berbeda, efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Dilansir dari Nature, Selasa (26/10/201), vaksin kombinasi selain efektif untuk mencegah Covid-19, juga mampu melebihi kinerja vaksin mRNA.

Efektivitas vaksin kombinasi dapat meningkatkan tingkat antibodi yang tinggi yang diikuti dengan respons imun kuat, sehingga menawarkan perlindungan yang baik terhadap penyakit ini.

“Saya senang melihat bahwa ini seefektif yang diharapkan,” kata Martina Sester, ahli imunologi di Saarland University di Homburg, Jerman.

Menurut Sester, hal ini merupakan informasi yang bagus dan pasti akan berpengaruh dalam praktik klinis vaksin Covid-19 kombinasi di lapangan.

Studi terkait vaksin kombinasi ini muncul dari eksperimen alami yang dimulai pada bulan Maret, bersamaan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh sejumlah negara untuk menghentikan sebagian, bahkan keseluruhan penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan University of Oxford.

Hal yang sama juga berlaku pada vaksin virus corona yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AstraZeneca di Cambridge, Inggris, dengan alasan stok yang langka, serta efek samping yang serius setelah vaksinasi.

Baca juga: Apakah Vaksin Booster Berguna untuk Tubuh? Ini Penjelasan WHO

Oleh karena itu, beberapa orang yang telah menerima satu dosis vaksin, kemudian akan mendapatkan suntikan vaksin dengan merek berbeda pada dosis yang kedua.

Namun, ternyata, tim Sester dan beberapa lainnya menemukan adanya hasil respons imun yang kuat dan aman dari kombinasi merek vaksin.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved