Breaking News:

Info Kesehatan

Waspada Varian Baru Covid-19 Jenis Omicron, WHO Sebut Mutasi dan Risikonya Jauh Lebih Tinggi

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (29/11/2021), organisasi itu menggambarkan Omicron sebagai varian dengan jumlah mutasi yang tinggi.

Vektor Kunst/Pixabay
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan negara-negara untuk bersiap menghadapi varian baru virus corona (Covid-19) Omicron dan mendesak meningkatkan vaksinasi bagi kelompok rentan.

Sebelumnya, lembaga tersebut merilis penjelasan teknis mengenai Omicron yang diklasifikasikan sebagai Variant of Concern (VoC) pada Jumat lalu.

"Risiko global secara keseluruhan terkait dengan VoC Omicron ini dinilai sangat tinggi," kata WHO dalam laporannya.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (29/11/2021), organisasi itu menggambarkan Omicron sebagai varian dengan jumlah mutasi yang tinggi.

Bahkan beberapa mutasi diantaranya kemungkinan terkait dengan potensi menurunkan kekebalan serta transmisi penularan yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, WHO mencatat bahwa masih ada ketidakpastian yang cukup besar terkait varian baru ini.

Lembaga tersebut tidak hanya mendesak semua negara untuk meningkatkan pemantauan mereka terhadap semua varian Covid-19, termasuk Omicron.

Namun, juga meningkatkan vaksinasi secepat mungkin, terutama dalam cakupan kelompok prioritas tinggi dan rentan.

"Langkah-langkah seperti memakai masker dan menjaga jarak fisik tetap menjadi hal yang sangat penting dalam perang melawan pandemi," jelas WHO.

Meskipun saat ini masih ada ketidakpastian terkait sifat varian baru ini, namun masuk akal untuk mengasumsikan bahwa vaksin yang tersedia saat ini menawarkan perlindungan terhadap risiko penyakit parah dan kematian.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved