Breaking News:

Penyusunan Arsitektur SPBE Pemkot Bogor, Diskominfo Gelar Sosialisasi di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor

Selain sebagai Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah diberi mandat sebagai Ketua Tim Koordinasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Editor: Mohamad Rizki
Istimewa/Pemkot Bogor
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor menggelar Sosialisasi Perancangan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (20/12/2021). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor menggelar Sosialisasi Perancangan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (20/12/2021).

Sosialisasi yang secara langsung dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dilaksanakan dalam rangka penyusunan arsitektur SPBE Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor agar selaras dengan SPBE Nasional, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE.

Selain sebagai Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah diberi mandat sebagai Ketua Tim Koordinasi SPBE di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Syarifah, melihat regulasi yang mendasarinya SPBE menjadi satu rancangan besar di dalam reformasi birokrasi dan memiliki irisan satu sama lain dengan Smart City.

Sekda mengatakan berkaitan dengan SPBE, Kota Bogor berada di trek yang pas karena dalam menetapkan sasaran, strategi dan apa yang ingin dibangun ke depan adalah membangun Smart City.

“Untuk membangun SPBE tidak melulu berkaitan dengan tools-nya, rancangannya dan sebagainya.

Organisasi yang tepat dengan SDM yang tepat untuk mendukung dan menguatkannya secara berkesinambungan,” kata Syarifah.

Sekretaris Diskominfo Kota Bogor, Asep Zaenal Rahmat menjelaskan, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif transparan dan akuntabel serta layanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Selain itu tata kelola dan manajemen SPBE secara nasional diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi SPBE.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor menggelar Sosialisasi Perancangan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (20/12/2021).
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor menggelar Sosialisasi Perancangan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Rapat DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin (20/12/2021). (Istimewa/Pemkot Bogor)

Dan juga memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif dan akuntabel," jelasnya.

Selain itu kata dia, SPBE meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan guna mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan.

Sosialisasi SPBE secara langsung disampaikan Tim Evaluator Eksternal dan Instruktur Asistensi SPBE Kementerian PAN-RB, Soni Fajar Surya Gumilang.

Turut hadir beberapa pimpinan dan perangkat daerah, di antaranya Kepala Bappeda Kota Bogor, Rudy Mashudi yang juga memaparkan prognosis pembangunan Kota Bogor dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Bogor, Henny Nurliani.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved