Breaking News:

Senyum Manis Petani Jagung di Bogor, Panen Perdana di Penghujung Tahun

Di tengah terbatasnya lahan pertanian di Kota Bogor, seorang warga Kelurahan Tanah Baru menggarap lahan kosong menjadi lahan pertanian.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Petani jagung dan pembeli jagung untuk dijual pada malam pergantian tahun sedang menimbang hasil panen perdananya. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Bakar jagung pada momentum malam pergantian tahun menjadi aktivitas yang rutin dilakukan kebanyakan masyarakat, dalam merayakan malam tahun baru.

Momentum itu pun menjadi agenda rutin para petani, untuk menanam jagung tiga atau empat bulan sebelum akhir tahun agar bisa dipanen menjelang malam pergantian tahun.

Di tengah terbatasnya lahan pertanian di Kota Bogor, seorang warga Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor menggarap lahan kosong menjadi lahan pertanian.

Adji Prasetyo bersama Rekannya Dedi mulai merintis pertanian dilahan yang disewanya di wilayah Kampung Jengkol, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Disana Adji mencoba menanam jagung bersama rekannya Dedi.

Penanaman jagung itu kata Adji dilakukan pada penanaman pertama untuk mengejar momentum tahun baru.

"Kalau saya sebenarnya belum pernah bertani skala besar, hanya ada di rumah tanam cabai, ya sedikit-sedikit, kecil kecil, baru ini mau coba skala besar makanya mencoba tanam jagung sekalian ngejar momentum juga," katanya saat ditemui ketika panen perdana,Kamis (30/12/2021).

Penanaman jagung ini sudah dilakukan Adji sejak sekitar bulan Oktober lalu karena melihat estimasi waktu tanam hingga panen jagung berkisar tiga hingga empat bulan.

"Tepatnya mulai pada, 9 Oktober 2021, itu mulai tanam kalau pengolahan tanahnya sudah dari akhir September hingga awal Oktober," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved