Hari Ini Mahasiswa Demo Lagi, Simak Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Gedung DPR RI, Hindari 3 Daerah Ini

Sebagai informasi, aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia (BEM SI) akan melakukan aksi demo 21 April 2022.

Editor: khairunnisa
Tribunnews/Fahdi Fahlevi
Ribuan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar aksi demontrasi di kawasan Patung Kuda, Jln Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (11/4/2022) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus untuk mengantisipasi kemacetan imbas aksi unjuk rasa mahasiswa pada Kamis (21/4/2022).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan, rencananya aksi unjuk rasa akan digelar di tiga titik di Jakarta, yakni kawasan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda, depan Gedung DPR/MPR RI, dan seputaran Harmoni.

"Pertama seperti biasa di Patung Kuda, itu akan kami tutup di depan Gedung Sapta Pesona. Kemudian seputaran istana, Harmoni, Gambir yang menuju istana, termasuk Jalan Veteran 1, 2, dan 3," kata Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (20/4/2022).

Untuk menghindari kericuhan, jalan utama di depan Gedung DPR/MPR akan ditutup, hanya jalur transjakarta yang dapat dilalui pengendara.

"Nanti kami pasang water barrier di situ sehingga kepada masyarakat diharapkan sejak pagi untuk bisa menghindari kawasan DPR/MPR dan kawasan Istana Negara," ucap Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Sementara itu, untuk pengalihan arus di kawasan Harmoni akan diberlakukan situasional.

Jalan akan ditutup ketika massa sangat banyak jumlahnya.

"Tapi yang jelas kalau di Sapta Pesona ditutup, Harmoni juga harus ditutup, itu akan dilakukan secara bersamaan," kata Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Baca juga: Tuntutan Demo Tak Didengar, Massa Aksi Geber Kantor Pemda Bogor dengan Knalpot RX King

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan, ketika persimpangan Harmoni terpaksa ditutup, maka pengendara dari Jalan Surya Pranoto akan dialihkan ke kiri arah Glodok.

"Kemudian yang dari arah Glodok semuanya kami belokkan ke kiri ke arah Jalan Veteran. Sedangkan dari Jalan Veteran, para pengendara akan diarahkan ke arah Tomang," jelas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Sambodo mengimbau kepada masyarakat untuk mengatur rute perjalanan agar dapat menghindari tiga kawasan yang rencananya jadi titik aksi unjuk rasa dan mencari jalur alternatif lain.

Sebagai informasi, aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia ( BEM SI) akan melakukan aksi demo 21 April 2022.

Koordinator Wilayah BEM SI BSJB Muhammad Yusuf mengatakan, ada empat tuntutan yang akan diserukan dalam aksi tersebut.

Karakter superhero Batman terbawa arus massa pada aksi demonstrasi mahasiswa UIKA di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor, Sabtu (9/4/2022).
Karakter superhero Batman terbawa arus massa pada aksi demonstrasi mahasiswa UIKA di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor, Sabtu (9/4/2022). (TribunnewsBogor.com/Reynaldi Andrian Pamungkas)

Pertama, menuntut Kementerian Perdagangan untuk menuntaskan masalah kelangkaan minyak goreng.

"Menuntut Menteri Perdagangan Pak Muhammad Lutfi segera menuntaskan kelangkaan minyak goreng di masyarakat karena ada permainan kartel dan mafia pasar," ujar Yusuf kepada Kompas.com, Jumat (15/4/2022).

Baca juga: Saling Dorong Pagar Hingga Bakar Ban Warnai Aksi Demo Mahasiswa di Cibinong Bogor

Kedua, menolak kenaikan harga BBM. Ketiga, menolak kenaikan tarif PPN, dan terakhir, menolak perpanjangan masa jabatan menjadi tiga periode.

Menurut Yusuf, BEM UI bakal turut terlibat dalam aksi unjuk rasa 21 April 2022.

Aksi demo 21 April ini merupakan lanjutan aksi dari 11 April 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Demo 21 April, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana dan Gedung DPR"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved