Dapat Tugas dari Presiden Jokowi, Gubernur Ridwan Kamil Kunjungi Proyek Bendungan di Puncak Bogor

Pantauan TribunnewsBogor.com, Ridwan Kamil saat mengunjungi bendungan ditemani oleh sang Istri, Atalia Praratya.

Penulis: Siti Fauziah Alpitasari | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/ Siti Fauziah Alpitasari
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kunjungi Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Senin (25/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Siti Fauziah Alpitasari

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, MEGAMENDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapat tugas dari Presiden Jokowi ( Joko Widodo ) untuk mengecek proyek dua  Bendugan di Puncak Bogor, Senin (25/7/2022).

Dua bendungan tersebut yakni Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Pantauan TribunnewsBogor.com, Ridwan Kamil saat mengunjungi bendungan ditemani oleh sang Istri, Atalia Praratya.

“Saya mengunjungi dua proyek nasional yang sedang berlangsung di tanah Jawa Barat untuk pengendalian banjir dan managemen air itu bendungan Ciawi kedua bendungan Sukamahi,” tutur Ridwan Kamil kepada awak media, Senin (25/7/2022).

Menurut Ridwan Kamil, bendungan tersebut dalam waktu dekat tahun ini akan selesai.

“InsyaAllah akan diresmikan oleh Presiden. Saya bertugas untuk memastikan persiapan-persiapan layak dan tentu harus melaporkan juga kepada masyarakat,” ucap Ridwan Kamil.

Lanjut Ridwan Kamil, saat ke dua bendungan Ciawi dan Sukamahi sudah selesai, akan mengurangi volume air ke sungai Ciliwung.

“Kita tahu itu Ciliwung melintasi Jakarta sehingga dengan kehadiran dua proyek ini dengan nilai Rp 1,6 triliun, ini bisa mengurangi volume air dalam saat musim hujan. Sehingga potensi banjir di Jakarta tentunya bisa kita kurangi,” jelasnya.

Ridwan Kamil menambahkan, ia pun menitipkan agar ada ekonomi pariwisata bagi ke dua bendungan tersebut.

Sehingga masyarakat pada saat tidak ada dinamika menikmati sebagai tempat wisata lokal, untuk menambahi keindahan dan Kabupaten Bogor menjadi semakin dikenal sebagai kawasan pariwisata.

Kemudian, Ridwan Kamil pun berharap ini menjadi contoh betapa pemerintah serius dalam mengurangi kebencanaan air.

“Ini adalah dua dari sekitar 9 bendungan yang dibangun di Jawa Barat dalam kepemimpinan Pak Jokowi. Mudah-Mudahan secepatnya kita bisa selesai hingga managemen air Jawa Barat yang merupakan Provinsi yang paling banyak sungainya ini bisa kita kelola dengan baik,” bebernya.

Tampak pula Ridwan Kamil menghadiahkan sketsa kepada bendungan Sukahami dalam sebuah objek yang akan membuat instagramable.

Sehingga bendungan tidak identik selalu dengan hal-hal yang sangat teknis kata Ridwan Kamil, tapi juga hal-hal yang sangat visual membuat orang bangga melihat tempat yang biasa.

“Objek wisatanya yang ditentukan oleh apa yang ada di sini dan pariwisata bogor kan khas pemandangan saja. Dengan melihat pemandangan itu, istilahnya sudah healing tinggal udara dan pemandangan,” lanjutnya lagi.

Di sisi lain menurut Ridwan Kamil, orang yang datang mengunjungi bendungan tidak mungkin tidak makan yang di mana beliau melihat potensi untuk membangun tempat makan sehingga orang senang mendapatkan memori positif dan juga kenyang khususnya makanan Sunda.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved