Polisi Tembak Polisi

Bongkar Borok Ferdy Sambo, Bharada E Dikhawatirkan Akan Diracun, Susno Duadji Minta Awasi Makanan

Karena 'nyanyian' Bharada E yang bongkar borok Ferdy Sambo, sejumlah petinggi Polri pun ikut tersangkut kasus pembunuhan ini.

Kolase Tribun Bogor/istimewa
Bongkar borok Ferdy Sambo, Bharada E dikhawatirkan akan diracun, Susno Duadji minta ini 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bharada Richard Eliezer atau Bharada E kini menjadi saksi yang sangat penting dalam kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Nonaktif Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Karena 'nyanyian' Bharada E yang bongkar borok Ferdy Sambo, sejumlah petinggi Polri pun ikut tersangkut kasus pembunuhan ini.

Terbaru, Irjen  Ferdy Sambo dijadikan tersangka dalam kasus tewasnya  Brigadir J.

Melihat begitu pentingnya kesaksian Bharada E kelak di pengadilan membuat Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK) RI tak mau ambil resiko dengan menjaga keselamatan Bharada E.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK) RI, Maneger Nasution, dalam siaran Kompas.TV pada Rabu (9/8/2022) malam mengatakan LPSK akan menyuplai makanan untuk Bharada E.

"Pengalaman kita makanan perlu kita jaga. Kita antisipasi ( Bharada E diracun). Bagi kami lebih baik sedia payung sebelum hujan," ujarnya.

Baca juga: Ferdy Sambo Dalangi Pembunuhan Brigadir J Hingga Terancam Hukuman Mati, Bharada E : Saya Takut

Maneger Nasution mengatakan setelah penasihat hukum  Bharada E ingin kliennya menjadi justice collaborator maka pihaknya langsung bertemu Bareskrim Polri dan menyampaikan perlindungan segera untuk  Bharada E.

"Kami sampaikan bahwa negara harus melindungi  Bharada E. Ini saksi sangat penting karena itu harus dijamin keselamatannya. Juga makanannya harus dijaga," ujar Maneger.

Dalam kesempatan itu, Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji mengusulkan juga harus mewaspadai makanan yang masuk ke dalam lapas.

Tak hanya itu, Susno Duadji juga minta agar awasi AC (air conditioner) atau pendingin udara di dalam ruang tahanan Bharada E.

Irjen Ferdy Sambo ditetapkan tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Bharada E curhat ketakutan
Bongkar borok Ferdy Sambo, Bharada E dikhawatirkan akan diracun, Susno Duadji minta inii (Kolase Tribun Bogor/istimewa)

Sebab dikhawatirkan ada zat beracun mengalir melalui AC.

"Makanan dan AC untuk Bharada E harus dijaga mulai sekarang," ujar Susno Duadji.

Baca juga: Mengungkap Tabir Gelap Jenderal VS Prajurit, Istri Ferdy Sambo Bongkar Motif Pembunuhan Brigadir J ?

Kata  Mahfud MD  Bharada E Bisa Bebas

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam)  Mahfud MD dalam konferensi pers tadi malam menegaskan telah meminta Polri memberikan perlindungan kepada  Bharada E agar selamat dari penganiayaan atau dari racun.

"Pendampingan dari LPSK diatur sedemikian rupa agar nanti sampai ke pengadilan dan memberikan kesaksian apa adanya yang mungkin saja kalau dia menerima perintah bisa saja bebas tapi pelaku dalam kasus ini tidak mungkin bebas," kata Mahfud MD.

Mahfud MD tanggapi pengakuan Bharada E soal bukan dalang utama pembunuhan Brigadir J. Di lain pihak, Kamarudin Simanjuntak mengaku akan mendukung dan melindungi Bharada E agar mengungkap kasus Brigadir J secara terang benderang
Mahfud MD ikut tanggapi soal nasib Bharada E usai bongkar borok Ferdy Sambo. Bharada E dikhawatirkan akan diracun (kolase Youtube)
Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved