Anies Hadiri Rapat Paripurna DPRD DKI, Sebut Sudah Dengar Pengumumannya

Jelang pensiun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri rapat paripurna (rapur) DPRD.

Editor: Vivi Febrianti
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Jelang pensiun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri rapat paripurna (rapur) DPRD. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Jelang pensiun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri rapat paripurna (rapur) DPRD pada Selasa (13/9/2022).

Rapat tersebut dilaksanakan untuk mengumumkan pemberhentian Anies dan Ariza.

Anies mengaku lega usai mengikuti rapat tersebut. 

"Jadi Alhamdulillah, kami tadi sudah sama-sama mengikuti rapat paripurna DPRD DKI Jakarta yang mengumumkan. Kami sudah dengar pengumumannya. Itu sekaligus jadi bahan proses administrasi bagi pengusulan pemberhentian gubernur," kata Anies. 

Anies juga mengapresiasi anggota dewan yang menghadiri rapat tersebut. 

Baca juga: Usulkan 3 Nama Calon Pengganti Anies, Fraksi Golkar : Paling Berpengalaman dan Netral

Menurut Anies, rapat tersebut sebagai bagian dari administrasi dalam rangka pemberhentian gubernur dan wakil gubernur yang masa jabatannya berakhir pada 2022. 

“Jadi, kami ikuti saja prosesnya. Ini bagian dari proses administrasi yang harus dikerjakan dan berlangsung di semua provinsi, termasuk di Jakarta. Kami apresiasi atas kehadiran teman-teman dewan di dalam rapat paripurna tadi,” ujar Anies.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta resmi mengumumkan pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Diketahui, masa jabatan Anies dan Ariza akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna (rapur) pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Diketahui rapur tersebut digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

"Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan ketentuan pasal 79 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," ujar Prasetyo saat membacakan surat pemberhentian Anies.

Baca juga: Anies Baswedan Pamitan dengan Warga, Minta Didoakan Berakhir Husnul Khotimah

Prasetyo menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud dalam pasal 78 ayat (1) huruf a dan huruf b serta ayat (2) huruf a dan huruf b diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Presiden.

Hal itu dilakukan melalui menteri untuk gubernur dan/atau wagub.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved