Polisi Tembak Polisi

Putri Candrawathi Gaet Pengacara Baru, Bagaimana Nasib Patra M Zen? Ini Kata Kamaruddin Simanjuntak

Sebelumnya Febri Diansyah, Patra M Zen adalah pengacara utama pembela Putri Candrawathi yang getol membela kliennya di layar kaca televisi.

Penulis: khairunnisa | Editor: Vivi Febrianti
Kolase Tribunnews.com
Putri Candrawathi menggaet pengacara baru yakni Febri Diansyah (kanan) guna membelanya di pengadilan kasus Brigadir J, keberadaan pengacara lamanya, Patra M Zen (tengah) jadi pertanyaan. Terkait hal tersebut, Kamaruddin Simanjuntak (kiri) selaku kuasa hukum Brigadir J angkat bicara. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ( Brigadir J) menanggapi aksi Putri Candrawathi yang menggaet pengacara baru.

Alih-alih sinis, Kamaruddin Simanjuntak justru mendukung pergantian dan penambahan pengacara ke kubu Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo.

Terlebih yang kini jadi pengacara tersangka pembunuhan berencana Brigadir J itu adalah sosok yang dikenal sebagai pegiat pejuang keadilan.

Mereka adalah Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang.

Diwartakan sebelumnya, mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah bergabung menjadi tim kuasa hukum istri eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Baca juga: Kecewa Febri Diansyah Jadi Kuasa Hukum Putri Candrawathi, Novel Baswedan: Sebaiknya Mundur Saja

Febri Diansyah mengatakan bahwa dirinya akan membela Putri Candrawathi secara objektif.

"Ya, saya memang diminta bergabung di tim kuasa hukum perkara tersebut sejak beberapa minggu lalu. Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri Diansyah dalam laman Twitter-nya, Rabu (28/9/2022).

"Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," sambungnya.

Terkait janji dari Febri Diansyah itu, Kamaruddin Simanjuntak melayangkan komentar.

Menurut Kamaruddin Simanjuntak, tugas seorang pengacara itu memang bukan untuk memenangkan perkara kliennya.

Mengenal sosok Febri Diansyah pengacara baru Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo. Ternyata pernah jadi sosok terbaik di KPK
Mengenal sosok Febri Diansyah pengacara baru Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo. Ternyata pernah jadi sosok terbaik di KPK (Kolase Tribunnews.com)

Melainkan untuk membantu penegak hukum menegakkan keadilan untuk korban.

"Peran advokat itu adalah memberi layanan jasa hukum di dalam maupun luar pengadilan. Juga membantu penegak hukum lain supaya tercipta kepastian. Jadi bukan untuk memenangkan perkara, tapi untuk melindungi hak kliennya supaya tidak terampas secara hukum," ujar Kamaruddin Simanjuntak dilansir TribunnewsBogor.com dari Kompas TV, Kamis (29/9/2022).

Menurut Kamaruddin Simanjuntak, pergantian atau penambahan pengacara dilakukan oleh seseorang itu adalah hal wajar.

"Bagus juga tersangka atau terdakwa yang ancamannya di atas lima tahun didampingi advokat atau penasehat hukum. Soal pergantian advokat itu biasa," kata Kamaruddin Simanjuntak.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved