Anggarkan Rp 2,7 Miliar, Pemkab Bangun 57 Huntap Untuk Korban Bencana di Pamijahan Bogor

Seperti diketahui, akibat bencana alam yang terjadi pada (22/6/2022) menyebabkan kerusakan rumah khususnya di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan

Istimewa/Dok DPKPP Kabupaten Bogor
Proses land clearing huntap di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, PAMIJAHAN - Percepatan penanganan pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor serta angin kencang yang menerjang beberapa wilayah di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, terus dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Bogor kini tengah mempersiapkan lahan untuk pembangunan hunian tetap (huntap) dengan menggunakan alat berat di wilayah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan ( DPKPP) Kabupaten Bogor, Dede Armansyah.

"Pembangunan huntap di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, saat ini sedang dilakukan land clearing," ujarnya kepada  TribunnewsBogor.com, Selasa (29/11/2022).

Dede Armansyah menerangkan, lahan yang disiapkan tersebut seluas kurang lebih satu hektar akan digunakan untuk membangun sedikitnya 57 hunian tetap.

Baca juga: Rudy Susmanto Desak Pemkab Bogor Tuntaskan Pembangunan Huntap untuk Korban Bencana

"Huntap Desa Cibunian di satu hamparan, luasnya kurang lebih satu hektar," terangnya.

Adapun anggaran yang telah disiapkan untuk proses pembangunan huntap di wilayah tersebut ialah bersumber dari APBD Kabupaten Bogor dan dibantu oleh Provinsi Jawa Barat.

"Land clearing Rp 235 juta dari APBD Kabupaten Bogor, untuk huntapnya Rp 2,5 miliar dari bantuan keuangan provinsi," tandasnya.

Seperti diketahui, akibat bencana alam yang terjadi pada (22/6/2022) menyebabkan kerusakan rumah khususnya di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Akibat bencana yang terjadi, sedikitnya 57 rumah harus direlokasi, pasalnya lokasi rumah yang mengalami kerusakan berat tersebut tidak dimungkinkan untuk kembali di tempati.

Sambil menunggu bantuan huntap selesai dibangun, pemerintah memberikan bantuan untuk sewa rumah kepada 71 kepala keluarga agar mendapatkan tempat tinggal sementara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved