Jembatan Cikereteg Longsor, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Bogor Sukabumi

Untuk kendaraan besar yang mengarah ke Sukabumi, kata Iman, akan diarahkan masuk ke Gate Tol Rancamaya dan Gate Tol Ciawi. Sementara untuk kendaraan

Istimewa/Dok Polres Bogor
Kondisi tanah di bawah Jembatan Cikereteg yang terkikis oleh air sungai. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIAWI - Sistem rekayasa lalu lintas terbatas mulai dilakukan oleh Polres Bogor di Jembatan Cikereteg yang berada di Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Hal itu dilakukan seiring terkikisnya tanah hingga longsor dibawah jembatan yang juga berada di Jalur Bogor, Ciawi, Sukabumi ( Bocimi).

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, sistem rekayasa ini membuat pengendara dibatasi ketika melintasi jembatan ini.

"Untuk mengantisipai supaya tidak terjadi kecelakaan ataupun tidak terjadi longsoran yang mengakibatkan korban manusia dan kendaraaan, kami melakukan rekayasa lalu lintas dengan membatasi jumlah kendaraan yang melewati ke Jembatan Cikereteg," kata Iman kepada wartawan usai meninjau jembatan, Sabtu (3/12/2022).

Untuk kendaraan besar yang mengarah ke Sukabumi, kata Iman, akan diarahkan masuk ke Gate Tol Rancamaya dan Gate Tol Ciawi.

Baca juga: Warga Pangandaran Berlarian Saat Gempa 6,4 Magnitudo di Garut: Kayak Mau Tsunami Seperti Tahun 2006

Kemudian, bagi kendaraan yang akan menuju Ciawi atau Jakarta dari arah Cigombong dan Caringin akan diarahkan untuk masuk ke gate tol Cigombong-Caringin.

"Sehingga kendaraan kendaraan dengan notase yang besar itu tidak melalui Jembatan Cikereteg," tambahnya.

Sementara untuk kendaraan kecil, kata Iman, pengendara masih bisa melalui.

Namun, dilakukan skema rekayasa terbatas dari arah Sukabumi mapun dari arah Bogor.

"Untuk kendaraan kendaraan kecil bisa dilalui namun kami melakukan pembatasan dengan melakukan buka tutup dari arah Sukabumi dari arah ke Bogor maupun dari Bogor mengarah ke Sukabumi secara bergantian," jelasnya.

Meski begitu, Iman saat ini, akan bersurat ke Dinas PUPR Kabupaten Bogor agar berkoordinasi dengan Kementrian PUPR.

"Kami juga sudah berupaya bersurat ke dinas PUPR Kabupaten Bogor dan dinas kabupaten Bogor juga sudah berkoordinasi dengan kementerian PUPR untuk melakukan perbaikan terhadap jembatan yang rusak," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved