Pengamat: Kalau Nasdem Serius Duetkan Anies-Andika, Kira-kira Adakah Partai Lain yang Mau Bergabung?

Di sisi lain, ia mempertanyakan, apakah akan ada partai politik (parpol) lain yang ingin bergabung dengan Partai Nasdem jika Anies berpasangan dengan

Kolase Istimewa
Pengamat Politik sebut duet Anies-Andika dinilai harus lebih intens komunikasi dengan Demokrat, sementara PKS diperkirakan berpeluang besar tak menolak pasangan tersebut. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Isu soal Jenderal Andika Perkasa yang akan diduetkan dengan Anies Baswedan semakin kuat.

Bahkan, sejumlah pengamat politik juga buka suara terkait hal tersebut.

Salah satunya dari Pengamat politik, Adi Prayitno.

Adi menduga, Andika Perkasa memang diproyeksikan untuk diduetkan dengan Anies jika masuk Partai Nasdem.

Di sisi lain, ia mempertanyakan, apakah akan ada partai politik (parpol) lain yang ingin bergabung dengan Partai Nasdem jika Anies berpasangan dengan Andika.

"Pertanyaannya adalah, kalau Nasdem serius menduetkan Anies dan Andika, kira-kira adakah partai lain yang mau bergabung?," kata Adi, saat dihubungi, Selasa (27/12/2022).

Terkait hal itu, Adi kemudian menyinggung dua partai yang ramai dibicarakan berkoalisi dengan Partai Nasdem, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

"PKS dan Demokrat misalnya, yang juga mematok harga mati kader terbaik mereka bisa maju Pilpres," katanya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik itu menyoroti perebutan posisi pendamping Anies, baik Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ahmad Heryawan (Aher).

"Bagi PKS, Aher itu harga mati untuk bisa mendampingi Anies. Bagi Demokrat, AHY itu harga mati untuk bisa mendampingi Anies. Jadi problem-nya di situ," ujar Adi.

Sebelumnya, Muncul wacana duet Anies Baswedan dan Andika Perkasa sebagai pasangan calon pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Wacana pasangan Anies Baswedan- Andika Perkasa untuk Pilpres 2024 mencuat setelah Andika tak lagi menjabat sebagai Panglima TNI.

Mengenai isu tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim, memastikan Andika Perkasa sudah masuk dalam radar partainya.

Baca juga: Pengamat: Duet Anies-Andika Akan Disetujui Nasdem, PKS dan Demokrat: Kemungkinan Besar Direstui AHY

Menurut Hermawi, wacana duet Anies Anies Baswedan dan Andika Perkasa kemungkinan akan dibicarakan dengan partai koalisi.

"Jadi Andika sudah masuk dalam radar Nasdem yang mungkin saja akan dibicarakan bersama partai koalisi sebagai pendamping Anies," ujarnya, Senin (26/12/2022).

Hermawi mengatakan, Andika Perkasa merupakan salah satu figur yang direkomendasikan menjadi bakal calon presiden (capres) hasil rapat kerja nasional (Rakernas) pada Juni 2022 lalu.

"Ya Andika kan masuk salah satu dari tiga capres Nasdem hasil Rakernas Juni."

"Setelah berproses pilihan jadi ke Anies," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jika Anies-Andika Diduetkan, Pengamat: Apakah Ada Partai Lain yang Mau Gabung?

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved