Capres PDIP Ditentukan Oleh Megawati, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani Tunggu Keputusan

Bahkan, mengenai isu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan maju menjadi capres dari PDIP juga akan mematuhi perintah dari Ketum PDIP itu.

Kolase Wartakotalive.com
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo menunggu keputusan Megawati untuk menjadi capres 2024 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Politikus PDIP Ono Surono mengatakan bahwa Capres 2024 dari Parpolnya akan ditentukan oleh Megawati Soekarnoputri.

Bahkan, mengenai isu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan maju menjadi capres dari PDIP juga akan mematuhi perintah dari Ketum PDIP itu.

Selain itu, nama Puan Maharani juga digadang-gadang akan maju menjadi Capres 2024 dari PDIP.

"(Misalnya) Pada saat PDIP menetapkan Mbak Puan (Capres) maka Mas Ganjar sekalipun pasti akan tunduk dan patuh kepada keputusan Ibu Ketua Umum," kata Politikus PDIP Ono Surono dalam rilis hasil Survei Indo Riset secara virtual, Selasa (3/1/2023).

Ono mengatakan meski kerap muncul dalam lembaga survei namun Ganjar diyakininya akan mematuhi keputusan Kongres PDIP bahwa urusan capres dan cawapres adalah hak prerogatif Megawati.

"Saya yakin Mas Ganjar bahwa yang selama ini terjaring dalam survei sangat memegang teguh apa yang merupakan hasil kongres PDIP. Dimana Ibu Ketua Umum yang mempunyai hak prerogatif untuk menentukan siapa capres-cawapres ke depan," ujar Anggota DPR RI itu.

Demikian halnya ketika Megawati memutuskan Ganjar sebagai capres.

Ono meyakini semua kader PDIP solid mendukung.

"Saya yakin pada saat PDIP misalnya merekomendasikan Mas Ganjar, semua komponen partai pun akan tunduk dan patuh pada keputusan itu," ucap dia.

Dalam survei Indo Riset, nama Ganjar menempati posisi puncak sebagai kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi.

Direktur Indo Riset, Roki Arbi mengatakan dalam survei terbaru pada Desember 2022 untuk simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan elektabilitas sebesar 37,1 persen.

Setelah Ganjar, disusul Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 30,2 persen.

Lalu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebesar 27,5 persen.

Baca juga: Isu Erick Thohir Maju Cawapres Lewat PDIP, Adian Napitupulu: Kita Terima

Adapun survei tersebut dilakukan sejak 12 hingga 17 Desember 2022.

Sampel dipilih secara acak menggunakan metode multi-stage random sampling.

Penarikan sample mempertimbangkan proporsi antara jumlah penduduk dengan distribusi sample per provinsi, proporsi penduduk yang tinggal di pedesaan dan perkotaan, serta proporsi jenis kelamin laki-laki dan perempuan (50:50).

Jumlah sample sebesar 1.120 sample yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Mengggunakan 1.120 sample, margin of error (MoE) survei ini sebesar +/- 2,92 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara, proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Politikus PDIP Pastikan Ganjar Patuh Jika Megawati Pilih Puan Maharani Jadi Capres

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved