Memasuki Musim Pancaroba, Dinkes Kabupaten Bogor Minta Masyarakat Waspadai DBD dan ISPA

sekarang ini chikungunya pun bisa saja muncul, karena penyebabnya masih sama dengan DBD yaitu akibat gigitan nyamuk.

Penulis: Muamarrudin Irfani | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Muamarrudin Irfani
Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Adang Mulyana, meminta masyarakat mewaspadai DBD dan ISPA saat musim pancaroba, Kamis (12/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Muamarrudin Irfani

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor meminta masyarakat untuk selalu mejaga kesehatan di tengah musim pancaroba seperti saat ini.

Sebab, disaat masa transisi dari musim penghujan ke musim kemarau biasanya akan menimbulkan berbagai macam permasalahan dalam kesehatan, salah satunya adalah demam berdarah (DBD).

Selain itu, disaat seperti sekarang ini chikungunya pun bisa saja muncul, karena penyebabnya masih sama dengan DBD yaitu akibat gigitan nyamuk.

"Yang perlu diperhatikan sekarang kan hujan mulai jarang, peralihan musim hujan ke kemarau itu biasanya mulai naik lagi kasus DBD, kalau chikungunya sih engga terlalu banyak kasusnya," ujar Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Adang Mulyana, Kamis (12/1/2023).

Menurutnya, hal tersebut disebabkan lantaran di musim pancaroba akan banyak menimbulkan genangan yang bisa dijadikan tempat nyamuk untuk berkembang biak.

Berbeda dengan musim penghujan yang mana genangan-genangan air akar terbawa arus yang akan membawa perindukan nyamuk.

"Kalau musim hujan itu kan genangan-genangan terbawa hanyut, nah kalau kayak sekarang gini misal sekarang hujan terus hujan lagi beberaoa hari kemudian itu bikin genangan, di situ nyamuk bersarang," terangnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, yang perlu dilakukan oleh masyarkat adalah selalu menjaga kebersihan dan tak lupa menerapkan 3 M (mengubur, menutup, menguras).

Selain itu, penyakit yang akan banyak menyerang adalah gejala ISPA. Dengan begitu ia meminta kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya.

"Sekarang kan musim pancaroba, pasti yang jadi masalah adalah daya tahan tubuh, kalau daya tahan tubuh rendah itu biasanya batuk pilek yang  sering muncul," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved