Fahri Hamzah Sebut Tak Ada yang Dirugikan dari Kebohongan Ratna Sarumpaet, Pakar: Kan Lucu!

Menurut pakar hukum pidana yang juga mantan hakim Asep Iwan Iriawan, seharusnya para tokoh itu membawa Ratna Sarumpaet ke puskesmas bukan Twitter.

Fahri Hamzah Sebut Tak Ada yang Dirugikan dari Kebohongan Ratna Sarumpaet, Pakar: Kan Lucu!
Kolase
Fahri Hamzah dan Asep Iwan Iriawan 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pakar hukum pidana yang juga mantan hakim Asep Iwan Iriawan ikut menanggapi soal sidang putusan yang sedang dijalani oleh Ratna Sarumpaet.

Ratna Sarumpaet yang merupakan terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks saat ini tengah menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).

Asep Iwan Iriawan memprediksi apa saja yang akan muncul selama persidangan berlangsung.

Ia juga mengomentari pendapat para tokoh soal kebohongan yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet tersebut.

Di antaranya yakni pernyataan dari Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang mengatakan kalau tidak ada yang dirugikan dengan kebohongan yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet.

Fahri Hamzah tanyakan siapa yang dirugikan oleh Ratna Sarumpaet
Fahri Hamzah tanyakan siapa yang dirugikan oleh Ratna Sarumpaet (Facebook/Metrotvnews)

Kemudian pernyataan dari Dahnil Anzar juga yang menyebut kalau perdebatan hanya terjadi di Twitter, dan menurutnya itu biasa saja.

Sementara itu, Ahli Bahasa Wahyu Wibowo menyebut, jika terjadi pro dan kontra di media sosial, orang saling mengungkapkan opini yang tidak jelas dan bisa menimbulkan perpecahan, itu juga termasuk onar.

Asep Iwan Iriawan juga sependapat, di mana menurutnya, dari Fahri Hamzah hingga Fadli Zon dan Dahnil Anzar merupakan tokoh publik dan tokoh politik yang pendapatnya akan diikuti, minimal oleh kelompoknya.

"Pernyataan beliau-beliau yang merupakan tokoh publik dan politik pasti dipercaya donk, tapi dari semua yang ditampilkan hanya Tompi yang mengatakan bisa membedakan, karena dia kan ahli bedah plastik," jelasnya.

Ia pun menganalogikan, jika ada keluarga atau kerabat yang dianiaya, umumnya orang yang mengerti hukum apalagi sekelas para tokoh politik, pasti akan membawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum.

Jalani Sidang Putusan Hari Ini, Ratna Sarumpaet Berharap Divonis Bebas

Vonis atas Ratna Sarumpaet Diputuskan Hari Ini

Halaman
123
Penulis: Vivi Febrianti
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved