Wahyu Setiawan Pastikan Hadiri Sidang Pelanggaran Etik

Sebab, ia mengaku sudah tidak lagi menjadi Komisioner KPU per 10 Januari 2020 kemarin setelah mengajukan permohonan pengunduran diri.

Wahyu Setiawan Pastikan Hadiri Sidang Pelanggaran Etik
ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (kedua kiri) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020) dini hari. KPK menetapkan empat orang tersangka dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020) yakni WSE Komisioner KPU, ATF mantan anggota Bawaslu serta HAR dan SAE dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji penetapan anggota DPR Terpilih 2019-2024 dengan barang bukti uang sekitar Rp 400 juta dalam bentuk mata uang dolar Singapura dan buku rekening. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan memastikan akan menghadiri sidang dugaan pelanggaran kode etik yang digelar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Rabu (15/1/2020) hari ini.

Wahyu mengatakan, keputusan itu diambil setelah berdiskusi dengan penyidik KPK yang memberikan pilihan baginya untuk hadir atau tidak hadir dalam sidang tersebut.

"Tadi penyidik berdiskusi dengan saya, penyidik juga memberi kesempatan silakan hadir atau tidak hadir, tetapi saya memilih memutuskan untuk hadir," kata Wahyu di Gedung Merah Putih KPK, Rabu siang.

Wahyu menuturkan, kehadirannya dalam sidang juga merupakan bentuk penghormatan terhadap DKPP.

Sebab, ia mengaku sudah tidak lagi menjadi Komisioner KPU per 10 Januari 2020 kemarin setelah mengajukan permohonan pengunduran diri.

"Karena saya punya niat baik, meskipun per tanggal 10 Januari saya bukan lagi anggota KPU tapi saya punya niat baik dan saya menghormati DKPP sehingga saya memutuskan untuk hadir dalam sidang," ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan, ia juga tidak menyiapkan pembelaan untuk disampaikan dalam sidang hari ini. "Enggak lah, ya wajar saja. Saya juga enggak ngerti kan ditanya apa," kata Wahyu.

Diketahui, DKPP akan menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Rabu (15/1/2020).

Sidang digelar tertutup di Gedung Merah Putih KPK serta dihadiri jajaran KPU dan Bawasli.

Pelanggaran kode etik ini berkaitan dengan status Wahyu sebagai tersangka kasus suap penetapan anggota DPR periode 2019-2024.

Halaman
12
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved