Teror Virus Corona

Kata Wali Kota Bogor Bima Arya Soal Penanganan Covid-19 di Jawa Barat

Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa Gubernur Ridwan Kamil sangat bersikap realistis dalam penanganan Covid-19 dengan memiliki pandangan yang luas.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat memantau langsung distribusi paket bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gor Pajajaran, Jumat (5/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tahapan penanganan kasus Covid-19 di Jawa Barat dan DKI Jakarta cukup menunjukan hasil yang baik.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat bersikap realistis dalam penanganan Covid-19 dengan memiliki pandangan yang luas.

Bahkan Ridwan Kamil selalu memberikan arahan agar setiap kebijakan yang diambil juga dikordinasikan dengan Gubernur Anies ataupun daerah di Bodebek.

"Jadi setiap langkah dari Kota Bogor, selain dikordinasikan oleh Gubernur Jabar yang kemudian pak Gubernur Jabar juga berkordinasi dengan Gubernur Jakarta, sebab secara administratif, walau Bogor langsung dengan Jawa Barat, tapi secara integratif dan empiris Bogor itu (berkaitan) langsung juga dengan DKI Jakarta," katanya.

Bima Arya juga bercerita bahwa ketika dirinya dinyatakan Positif, Gubernur Jawa Barat langsung menyampaikan langkah langkah yang harus diambil dan dilakukan.

Bima Arya Pantau Pemberian Bantuan Provinsi ke Wilayah Zona Merah Kota Bogor

Dikawal Dishub, Bima Arya Naik Uncal Hadiri Rapat Paripurna Peringati Hari Jadi Bogor

Setelah dirinya dinyatakan negatif, Bima Arya juga melihat bagaimana Ridwan Kamil secara aktif dan rutin mengkordinasikan para kepala daerah di Jabar membahas situasi terkini kasus Covid-19 melalui online.

"Seminggu sekali atau dua minggu sekali disampaikan data-data scientific, diberikan sejumlah arahan tentang status masing-masing daerah dan kami juga diminta secara rutin menyampaikan hasil analisis data terkini terkait dengan Covid-19. Jadi saya melihat pak Gubernur betul-betul intens berkordinasi mengumpulkan data maupun memberikan arahan," katanya.

Terkait penanganan kasus Covid-19 di Kota Bogor, Bima Arya mengaku sejak awal pandemi, telah berbagi tugas dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang secara teknis fokus memimpin Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan memprioritaskan penanganan darurat.

"Mulai dari konsolidasi dengan insan kesehatan hingga menghimpun berbagai macam bantuan dari warga, bahkan saya melihat kekuatan utama (suksesnya penanganan Covid-19) di Jawa Barat ini adalah bagaimana semua kebijakan didasarkan pada hasil kajian ilmiah yang scientific, kemudian juga aktif mengkordinasikan semua," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved