Breaking News:

Didatangi RAMA, Ganjar Pranowo Kaget Lihat Bentuknya Seperti Ini : Saya Kira Ada Kaki dan Kepalanya

RAMA (Robot Asisten Medis Autonomus), robot itu berbentuk seperti rak makanan yang biasa digunakan suster mengantar makanan dan obat-obatan di rumah

istimewa
Gubernur Ganjar Pranowo menerima tim robotic dari Politeknik Negeri Semarang (Polines), di Rumah Dinas Puri Gedeh, Minggu (19/7). Tim robotic Polines memperkenalkan karya mereka Robot Asisten Medis Autonomus (RAMA) yang dapat membantu tugas-tugas tenaga medis. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Tim robotik Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil menciptakan robot pengganti tenaga medis untuk melayani pasien Covid-19.

Bernama RAMA (Robot Asisten Medis Autonomus), robot itu berbentuk seperti rak makanan yang biasa digunakan suster mengantar makanan dan obat-obatan di rumah sakit.

Bedanya, robot rak makanan itu bisa berjalan sendiri sehingga aman saat mengantar kebutuhan pasien penyakit menular seperti Covid-19.

Robot tersebut untuk pertama kali diperkenalkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Minggu (19/7).

Selain demonstrasi, tim robotik Polines juga meminta masukan dari orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Saat pertama melihat robot tersebut, Ganjar tidak menduga bahwa rak makanan itu adalah robot yang dimaksud.

Ekspektasinya, robot yang diciptakan seperti robot yang lengkap dengan kaki, tangan dan kepala.

"Ini robotnya to, saya kira robot seperti yang biasanya itu. Ada kaki dan kepalanya," kata Ganjar pertama melihat robot itu.

Ganjar pun meminta tiga mahasiswa pencipta robot tersebut yakni Abbas Kiarostami Permana, Ainur Rofik dan Wahyu Hidayat untuk mendemonstrasikan.

Setelah dihidupkan dan dikontrol melalui remot, robot RAMA itu bisa berjalan sendiri ke sejumlah tempat dengan sukses.

Halaman
123
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved