Breaking News:

Abu Bakar Baasyir Bebas

Keluarga dan Tim Pengacara Abu Bakar Baasyir Hari Ini Berencana Datangi Lapas Gunungsindur

Sehari jelang pembebasan murni Abu Bakar Baasyir, suasana Lapas Khusus Kelas II A Gunungsindur, Kamis (7/1/2021) nampak sepi.

TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Suasana di Lapas Khusus Kelas II A Gunungsindur, Kamis (7/1/2021) nampak sepi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, GUNUNGSINDUR - Sehari jelang pembebasan murni Abu Bakar Baasyir, suasana Lapas Khusus Kelas II A Gunungsindur, Kamis (7/1/2021) nampak sepi.

Pantauan TribunnewsBogor.com, di depan Lapas Khusus Kelas II A Gunungsindur kondusif dan tidak ada kerumunan massa.

Kendati demikian, petugas Lapas dan Brimob bersenjata lengkap tetap bersiaga dan berjaga di pintu masuk area gerbang Lapas Khusus Kelas II A Gunungsindur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, keluarga dan tim pengacara Abu Bakar Baasyir akan membesuk ke lapas.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Gunungsindur, Mujiarto mengatakan bahwa Abu Bakar Baasyir dinyatakan bebas murni lantaran telah menjalani masa hukuman selama 15 tahun penjara.

"Tentang pembebasan Abu Bakar Baasyir yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat 8 Januari 2021 adalah pembebasan murni. Artinya, Abu Bakar Baasyir telah selesai menjalani masa pidananya," ujarnya.

Mujiarto menambahkan, tidak ada hal lainnya yang dapat menghambat proses pembebasan murni lantaran Abu Bakar Baasyir telah menjalani masa hukuman dan berprilaku baik selama ditahan.

"Tidak ada ketentuan lainnya. Abu Bakar Baasyir sudah habis pidananya, maka harus dibebaskan," jelasnya.

Terkait proses pengamanan saat Abu Bakar Baasyir dibebaskan, Mujiarto menegaskan bahwa akan dilakukan pengamanan ekstra.

"Untuk pengamanan khusus, ada ekstra karena pembebasan untuk narapidana teroris memang ada persyaratan tambahannya. Artinya, kita koordinasi dengan stakeholder lainnya seperti BNPT, Densus dan pihak keamanan lainnya," tegasnya.

Tak hanya itu, Mujiarto juga membeberkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan serta Satgas Covid-19 untuk mengantisipasi kerumunan.

"Karena pembebasan di tengah pandemi Covid-19, ada pembatasan tentu dilakukan dengan pihak lainnya di antaranya pihak keamanan dan gugus tugas agar tidak terjadi kerumunan-kerumunan," bebernya.

Abu Bakar Baasyir, tercatat, menjalani masa hukuman di Lapas Khusus Kelas IIA Gunungsindur sejak tahun 2016 silam.

Selama masa hukuman, Abu Bakar Baasyir menempati Lapas di Blok D dengan dibantu atau didampingi dua orang petugas Lapas lantaran usia Abu Bakar Baasyir yang sudah sepuh.(*)

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved