Breaking News:

Teror Virus Corona

Waspada ! Gejala Covid-19 Ada yang Menetap hingga Berbulan-bulan, Kenali Ciri-cirinya

Ini berarti, ketika pasien Covid-19 dinyatakan negatif dari virus corona, badan mereka tak serta-merta segar bugar seperti sedia kala.

amrothman/Pixabay
ilustrasi pencegahan virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Bukan hanya pasien Covid-19 dengan gejala berat, mereka yang terinfeksi dengan gejala ringan juga bisa mengalami long covid atau gejala Covid-19 yang menetap hingga beberapa bulan kemudian.

Ini berarti, ketika pasien Covid-19 dinyatakan negatif dari virus corona, badan mereka tak serta-merta segar bugar seperti sedia kala.

Mereka masih harus berjuang melawan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Penelitian terhadap pasien di satu pusat medis Irlandia, menemukan bahwa 62% mengatakan mereka merasa belum kembali ke kondisi kesehatan awal sepenuhnya, ketika mereka diperiksa beberapa bulan setelah mereka didiagnosis Covid-19.

Baca juga: Penularan Covid-19 Tinggi, dr Reisa: Bukan Saatnya Buat Kerumunan

Hampir setengahnya mengeluhkan rasa lelah yang berlebihan terus-menerus.

Tingkat keparahan awal infeksi Covid-19 tampaknya bukanlah faktor penentu.

Sebagian orang yang melakukan isolasi mandiri di rumah juga cenderung merasa tidak enak badan, seperti mereka yang dirawat di rumah sakit.

Setahun setelah pandemi global, masalah gejala Covid-19 yang menetap jangka panjang atau long Covid ini semakin mendapat banyak perhatian.

Melansir WebMD, penelitian baru-baru ini memperkirakan, bahwa 10% pasien Covid-19 mengalami long Covid, umumnya mereka mengeluhkan kelelahan berlebih, insomnia, sesak napas, dan brain fog yang berkaitan dengan masalah ingatan, fokus, dan keterampilan mental lainnya.

Dr. Luis Ostrosky, seorang profesor penyakit menular di McGovern Medical School di UTHealth di Houston juga mengatakan, keluhan nomor satu yang sering ditemuinya pada pasien long Covid adalah kelelahan dan brain fog atau kabut otak.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Ciri-ciri Orang Terinfeksi Virus Corona Tanpa Disadari

Halaman
1234
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved