Breaking News:

Info Kesehatan

Keluarga Positif Covid-19, Ini 5 Cara Mencegah Agar Tidak Tertular Corona

bagi Anda yang memiliki anggota keluarga positif Covid-19, penting untuk memperhatikan anjuran untuk meminimalisir terjadinya penularan infeksi corona

KOMPAS.COM
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Saat ini, banyak pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Isolasi mandiri tersebut biasanya diberlakukan bagi pasien yang terinfeksi tetapi tidak bergejala sama sekali atau hanya bergejala ringan seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

Masalahnya, seringkali yang awalnya hanya satu anggota keluarga terinfeksi Covid-19, saat menjalani isolasi mandiri di rumah, justru menularkan virus corona pada anggota keluarga lainnya. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki anggota keluarga positif Covid-19, penting untuk memperhatikan anjuran atau pedoman dari Kementerian Kesehatan berikut, untuk meminimalisir terjadinya penularan infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Berikut cara mencegah penularan, jika ada anggota keluarga yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah:

Penciuman Terganggu Akibat Covid-19, Kapan Bisa Pulih Lagi ?

Waspada ! Ini 5 Urutan Gejala yang Muncul saat Seseorang Terinfeksi Covid-19, Jangan Disepelekan

1. Hindari kontak dengan barang yang terkontaminasi pasien

Anda sebagai anggota keluarga yang serumah dengan pasien positif Covid-19, sebaiknya benar-benar memisahkan perabotan rumah yang dipakai oleh pasien Covid-19 dengan perabotan yang dipakai anggota keluarga yang sehat.

Misalnya alat makan-minum, sikat gigi, handuk, dan juga pakaian.

2. Pakai masker

Pasien positif Covid-19 wajib memakai masker di mana pun berada, meski di dalam rumah.

Halaman
123
Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved