Breaking News:

Info Kesehatan

Golongan Darah A Lebih Mudah Terinfeksi Covid-19, Ini Alasannya

Studi baru ini mencoba menjelaskan kenapa orang dengan golongan darah A lebih mudah terinfeksi virus corona dibanding golongan darah O.

Editor: Tsaniyah Faidah
kolase Istock/net
Golongan darah A lebih mudah terinfeksi Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Studi terbaru menunjukkan, virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 lebih mudah menempel ke sel saluran pernapasan orang yang memiliki golongan darah A, dibanding golongan darah B dan O.

Temuan ini mungkin dapat menjelaskan riset yang menunjukkan selama pandemi pasien Covid-19 dengan golongan darah A lebih banyak dan mengembangkan gejala yang lebih parah dibanding golongan darah lain.

Eksperimen laboratorium mengungkapkan, bagian dari virus corona yang disebut "domain pengikat reseptor" (RBD) yang berfungsi mengikat sel untuk memicu infeksi secara langsung, juga menangkap molekul unik yang terkait golongan darah A.

Menurut penelitian yang terbit di jurnal Blood Advances, 3 Maret 2021, molekul-molekul yang dikenal sebagai antigen ini, muncul di sel-sel yang melapisi saluran pernapasan, termasuk paru-paru.

Secara teori, antigen mengikat struktur yang dapat membantu virus corona masuk dan menginfeksi sel-sel saluran napas dengan lebih mudah.

"Namun, kami belum tahu pasti, apakah ini benar-benar memengaruhi kemampuan virus masuk ke dalam sel atau apakah virus hanya memengaruhi kemampuannya melekat pada sel," kata penulis studi dr. Sean Stowell, seorang ilmuwan sekaligus dokter pengobatan transfusi dilansir Live Science, Kamis (8/3/2021).

Dengan kata lain, data tersebut memberikah hubungan fisik pertama antara virus corona dengan golongan darah A.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan perbedaan perilaku yang memengaruhi infeksi.

Baca juga: Beda Mutasi Virus Corona dari Inggris dengan Covid-19 Wuhan, Mana yang Lebih Berbahaya?

Golongan darah dan Covid-19

Sejak awal pandemi, sejumlah riset mengungkap tren golongan darah yang tampaknya paling banyak terinfeksi Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved