Breaking News:

Genap Berusia 53 Tahun, SEAMEO Biotrop Kembangkan Manfaat Minyak Atsiri dan Luncurkan 3 Aplikasi

Saat ini kata Zulhamsyah Imran, Seameo Biotrop sedang mengembangkan berbagai penelitian dalam hal pemanfaatan minyak atsiri.

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Genap di usia ke 53 tahun, Seameo Biotrop meluncurkan berbagai program unggulan. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Genap di usia ke 53 tahun, Seameo Biotrop meluncurkan berbagai program unggulan.

Direktur Seameo Biotrop, Dr. Zulhamsyah Imran mengatakan bahwa Seameo Biotrop sebagai pusat penelitian regional memiliki mandat sebagai tempat penelitian, pelatihan dan diseminasi pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi tropis.

Biotrop telah memberikan banyak kontribusi melalui hasil-hasil penelitian yang tidak hanya menjadi bahan literatur bagi dunia pendidikan tinggi, tetapi hasil-hasil penelitian terapan Biotrop juga dapat diaplikasikan oleh masyarakat umum.

Saat ini kata Zulhamsyah Imran, Seameo Biotrop sedang mengembangkan berbagai penelitian dalam hal pemanfaatan minyak atsiri.

"Minyak atsiri merupakan bahan alami yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat mengobati stress, sakit kepala dan migrain, mengatasi gangguan tidur, mengurangi peradangan dan berbagai masalah kesehatan lainnya," katanya.

Bahkan saat ini kata Zulhamsyah minyak atsiri juga bermanfaat bagi sistem limbik yang berperan penting pada sistem pernafasan, detak
jantung, dan tekanan darah

"Melalui penelitian minyak atsiri inilah, Biotrop diharapkan dapat berkontribusi dalam mengatasi pandemi yang diakibatkan oleh Covid-19 yang kini terjadi di dunia," katanya, Kamis (8/4/2021) di Seameo Biotrop, Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Dalam kesempatan ini Ia juga memperkenalkan jenis vaksin untuk berbagai pengobatan.

Zulhamsyah juga membeberkan, laboratorium akuatik SEAMEO Biotrop tahun 2021 ini akan meluncurkan program untuk menjawab tantangan Sustainable Development Goals yakni aplikasi system cellular untuk lobster air tawar.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Vivi Febrianti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved