Breaking News:

Info Kesehatan

Sama-sama Menyerang Saluran Pernapasan, Kenali Beda Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Dengan kemiripan beberapa gejala yang terjadi pada pasien, masyarakat cukup sulit membedakan infeksi Covid-19 atau penyakit kanker paru.

Editor: Tsaniyah Faidah
Net
ilustrasi - Beda Gejala Kanker Paru dan Covid-19 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Penyakit baru Covid-19 dan kanker paru memiliki gejala yang hampir mirip yakni infeksi di saluran pernapasan.

Dengan kemiripan beberapa gejala yang terjadi pada pasien, masyarakat cukup sulit membedakan, apakah keluhan yang dirasakan merupakan infeksi Covid-19 atau penyakit kanker paru.

Untuk mengetahuinya, simak perbedaan gejala yang terjadi pada pasien terinfeksi Covid-19 dan pasien terdiagnosis kanker paru

Gejala kanker paru

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang pertumbuhannya berawal dari organ paru dan dapat menyebar atau metastasis ke organ tubuh lainnya, seperti getah bening dan otak.

Penyakit kanker paru sendiri memiliki ragam faktor risiko, seperti merokok (aktif maupun pasif), paparan terhadap zat yang dapat menyebabkan kanker (radon, asbes, zat radioaktif, senyawa kimia, karsinogenik dan asap kendaraan), riwayat terapi radiasi paru-paru, polusi udara, faktor keturunan dan riwayat terinfeksi HIV.

Namun, dari berbagai faktor risiko pemicu terjadinya kanker pada paru tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik RSCM, Dr dr Ikhwan RInaldi SpPD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP mengatakan, keluhan adanya kanker paru tahap awal biasanya sangat mengganggu saluran pernapasan.

Baca juga: Meski Sudah Vaksin, Masih Bisa Terkena Badai Sitokin Covid-19? Simak Penjelasan Dokter

Berikut beberapa gejala kanker paru yang patut Anda curigai.

1. Nyeri dada

2. Batuk berkepanjangan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved