Breaking News:

Dulu Area Prostitusi, Warga Cibinong Bogor Ubah Lokasi Ini Jadi Mushola Al-Sadar

Mushola tersebut berlokasi di kolong flyover Cibinong yang dulunya sangat kumuh dan dikenal kerap dimanfaatkan untuk hal-hal negatif.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Area kumuh di kolong flyover Cibinong, di Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor disulap menjadi area mushola tertata rapi. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Warga Kampung Padurenan RT 2 dan RT 3, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor menyulap area yang kerap dijadikan tempat prostitusi menjadi sebuah mushola.

Mushola ini pun diberi nama oleh warga dengan nama Mushola Al-Sadar.

Mushola tersebut berlokasi di kolong flyover Cibinong yang dulunya sangat kumuh dan dikenal kerap dimanfaatkan untuk hal-hal negatif.

Ketua RT 02 Zakaria mengatakan bahwa ide soal mushola itu muncul saat warga menggelar kegiatan bakti sosial Kampung Ramah Lingkungan (KRL).

Zakaria (68), Ketua RT 02/06, Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.
Zakaria (68), Ketua RT 02/06, Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Saat itu, area kolong fly over Cibinong yang berulang kali dibenahi dan dibersihkan, selalu kembali kumuh bahkan selalu ada kabar negatif seperti adanya prostitusi dan transaksi narkoba.

"Kerja bakti bersih-bersih, kata masyarakat sekitar sini, bikin mushola harusnya nih. Mungkin dengan mushola, mereka yang berbuat yang enggak-enggak lihat mushola agak malu, agak sungkan, gitu ya," kata Zakaria kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (14/10/2021).

Sampai akhirnya, ide warga ini disampaikan kepada pemerintah setempat dan direspon positif.

Pembangunan mushola yang dilakukan tahun 2019 ini pun dilakukan secara gotong royong dari donasi berbagai pihak.

Namun, pembangunannya dilakukan dengan pembatasan-pembatasan tertentu karena di bawah jalan raya milik pusat, seperti tidak boleh menggali sumur, bangunan tidak menyentuh tiang flyover dan lain-lain.

Area kumuh disulap menjadi rapi dan menjadi area mushola di kolong flyover Cibinong, di Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.
Area kumuh disulap menjadi rapi dan menjadi area mushola di kolong flyover Cibinong, di Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved