Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik, Catat 5 Tips dari Pemerintah Supaya Terhindar dari Macet

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik yang akan melalui jalur laut dari Pelabuhan Merak

Editor: khairunnisa
Warta Kota/Muh Azzam
Ribuan kendaraan mengalami kemacetan di KM 55 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai dari wilayah Cikarang hingga Karawang arah ke Cikampek, pada H-5 arus mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, Rabu (27/4/2022). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Hari ini, Jumat (29/4/2022) arus mudik keluar Jakarta diprediksi mencapai puncaknya hingga esok, Sabtu (30/4/2022).

Puncak arus mudik ditandai dengan mulai padatnya lalu lintas atau pun pergerakan penumpang di sejumlah moda transportasi.

Di Pulau Jawa, kepadatan kendaraan mulai terjadi bahkan sejak sebelum puncak arus mudik.

Kondisi itu terekam di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Kementerian Perhubungan mengungkapkan, penyebab kepadatan kendaraan ini salah satunya berkaitan dengan rest area atau tempat istirahat pe mudik.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menuturkan, ruas Tol Jakarta-Cikampek macet karena penuh sesaknya kendaraan yang terparkir di bahu jalan.

Kendaraan itu diparkir di bahu jalan bukan tanpa alasan.

Baca juga: Kota Bogor Mulai Didatangi Pemudik, Polisi Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi pada H-2 Lebaran

Kendaraan itu diduga tengah mengantre masuk ke dalam rest area yang sudah tidak dapat lagi menampung kendaraan maupun pe mudik.

"Kaitannya dengan penggunaan rest area yang mengakibatkan antrean sehingga parkir di bahu jalan dan akhirnya juga membuat penyempitan di ruas tol sendiri. Itu berimbas terus sampai ke belakang," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada Kompas.com, Kamis.

Kendati demikian, Adita Irawati mengeklaim bahwa situasi di Tol Jakarta-Cikampek pada kemarin sore berhasil diurai dan mulai berangsur kondusif.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved