Info Tekno

Belum Daftar ke PSE Kominfo, Google dan Youtube Terancam Diblokir, Waduh !

Jika Youtube masih juga belum mendaftar, maka platform itu pun terancam akan diblokir pemerintah dan Kominfo.

NBCNEWS
Ilustrasi Youtube terncam diblokir pemerintah, belum daftar di PSE Kominfo 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pakar Digital Anthony Leong menyoroti belum terdaftarnya platform Google, termasuk anak usahanya Youtube, di sistem PSE Kominfo hingga sekira pukul 14.15 hari ini.

Menurutnya, jumlah pengguna Youtube yang banyak di Indonesia.

Jika Youtube masih juga belum mendaftar, maka platform itu pun terancam akan diblokir pemerintah dan Kominfo.

"Hanya saja harus dipertimbangkan juga, bagaimana pengguna yang sudah sangat besar di Indonesia ini memang terancam nanti. Bisa sangat berhenti ya aktivitas kegiatan, terutama di bidang digital, online, dan lain-lain," ujarnya saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: WhatsApp, Youtube hingga Mobile Legends Terancam Diblokir 5 Hari Lagi, Kominfo Ungkap Alasannya

Karena itu, Anthony menilai kecermatan dari pemerintah di sini sangat diperlukan terkait platform YouTube yang tidak kunjung mendaftar PSE Lingkup Privat.

Sebab, para youtuber yang telanjur menggantungkan penghasilan dari YouTube juga menjadi sorotan, jika nantinya ada pemblokiran.

"Perlu dicermati plus minusnya seperti apa. Pro kontranya seperti apa," katanya.

Di sisi lain, meski belum terlambat, dirinya menyarankan agar pemerintah terus mendorong platform lokal agar tidak bergantung terhadap PSE Asing.

"Kalau memang ini memang harus all out, ya perlu kita hidupkan startup lokal, yang memang sangat memadai dan bisa. Pemerintah Indonesia harus memberikan ruang untuk startup tersebut," pungkas Anthony.

Baca juga: Terancam Diblokir, Ini Daftar Platform Asing yang Belum Terdaftar di Kominfo, Termasuk WhatsApp

Sanksi untuk Google dan Youtube Jika Belm Daftar

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menyatakan, tanggal efektif pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik ( PSE) Lingkup Privat pada 20 Juli 2022.

Jika masih tetap belum terdaftar PSE Kominfo, maka keesokan harinya di 21 Juli 2022 dan seterusnya, Kementerian akan menerapkan sanksi pertama yakni berupa teguran secara tertulis.

Adapun berdasarkan pantauan Tribunnews.com pada laman pse.kominfo.go.id hingga hari ini, platform Google belum tercatat dalam daftar PSE Kominfo platform digital asing.

"Kami mengetahui keperluan mendaftar dari peraturan terkait dan akan mengambil tindakan yang sesuai dalam upaya untuk mematuhi," ujar keterangan perwakilan Google kepada Tribun.

Ilustrasi Youtube
Ilustrasi Youtube (NBCNEWS)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved