Teror Virus Corona

Pemerintah Indonesia Harus Desak WHO Nyatakan Virus Corona Berbahaya

"Pernyataan dari WHO ini penting sehingga pemerintah di berbagai negara termasuk Indonesia dapat melakukan antisipasi," ujar Hikmahanto

Pemerintah Indonesia Harus Desak WHO Nyatakan Virus Corona Berbahaya
dialymail.co.uk
virus corona menyebar di China dan Hongkong 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Pemerintah Indonesia perlu segera mendesak agar World Health Organisation (WHO) segera menyatakan Virus Corona berbahaya dan mencegah penyebarannya.

"Pernyataan dari WHO ini penting sehingga pemerintah di berbagai negara termasuk Indonesia dapat melakukan antisipasi," ujar Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana kepada Tribunnews.com, Senin (27/1/2020)..

Antisipasi ini, menurut dia, salah satunya adalah mencegah berbagai maskapai penerbangan untuk tidak beroperasi sementara dari dan ke China.

Hal ini mengingat di China, yang terjangkit virus Corona jumlahnya sangat besar. 

Bila penerbangan oleh berbagai maskapai terus dilanjutkan maka ini akan mempercepat perluasan virus Corona mengingat banyak warga China ingin keluar dari negerinya.

Pada saat ini pemerintah China telah melarang warganya untuk berpergian ke luar negeri untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Tanpa pernyataan dari WHO maka pelarangan oleh pemerintah suatu negara terhadap warga asal China akan dianggap sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia.

"Saat ini negara-negara hanya dapat waspada penuh dengan peralatan yang mampu mendeteksi demam tinggi ketika ada maskapai penerbangan yang membawa penumpang asal China," jelasnya.

Padahal belum tentu semua negara mempunyai peralatan yang canggih, bahkan tenaga medis yang cukup untuk mengisolasi warga yang terjangkit oleh Virus Corona.

Pemerintah juga perlu segera mengeluarkan peringatan atau travel warning bagi warga negara Indonesia bepergian ke Cina.

Halaman
123
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved