Breaking News:

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Puluhan Pohon di Kebun Raya Bogor Diteliti Kesehatannya

Menggunakan alat khusus penelitii BRIN memiliki metode khusus untuk mengantisipasi pohon tumbang karena keropos terutama saat kondisi cuaca ekstrim.

istimewa/Kebun Raya Bogor
Peneliti BRIN meneliti kondisi pohon rawan tumbang di Kebun Raya Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berwisata di Kebun Raya Bogor (KRB), peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terus melakukan penelitian kondisi kesehatan pohon.

Penelitian yanh dilakukan peneliti BRIN untuk memastikan koleksi pohon di Kebun Raya Bogor tidak rawan tumbang dan keropos.

Peneliti rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pohon di seluruh areal Kebun Raya Bogor.

Menggunakan alat khusus penelitii BRIN memiliki metode khusus untuk mengantisipasi pohon tumbang karena keropos terutama saat kondisi cuaca ekstrim.

Kepada wartawan, koordinator tim analis kesehatan pohon dan peneliti BRIN Rizmoon Nurul Zulkarnaen menjelaskan, pemeriksaan kesehatan pohon menggunakan metode visual dengan form khusus.

Hal ini untuk menilai kerusakan yg terjadi, modifikasi dari International Society of Arboriculture (ISA).

"Dalam kasus tertentu juga kami menggunakan metode FHM atau Forest Health Monitoring, Kedua metode itu esensinya sama yaitu untuk mendeskripisikan kerusakan yang terjadi pada akar, batang, dan tajuk percabangan," ujar Rizmoon Nurul, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Ikuti Perkembangan Zaman, Guru Besar IPB University Setuju Kebun Raya Bogor Jadi Wisata Konservasi

Rizmoon menjelaskan, selain menggunakan metode visual, peneliti juga menggunakan alat yang bernama Picus Sonic Tomograph.

Alat ini merupakan alat canggih buatan Jerman.

Fungsinya untuk mengetahui persentase kelapukan atau keropos yang terjadi pada pohon.

Suasana Glow di Kebun Raya Bogor yanf merupakan inovasi pendidikan edukasi hayati yang dipersembahkan oleh Kebun Raya untuk Masyarakat Indonesia.
Suasana Glow di Kebun Raya Bogor yanf merupakan inovasi pendidikan edukasi hayati yang dipersembahkan oleh Kebun Raya untuk Masyarakat Indonesia. (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved